PEMBERDAYAAN PKK DESA PEJENG KANGIN

        pejeng kangin.desa.id, Pada hari ini Sabtu tanggal 23 Desember 2017 telah dilaksanakan kegiatan pembinaan organisasi perempuan/PKK ” Pelatihan Pembuatan Makanan Ringan”. Sebelum acara di mulai pada pukul 08,00 seluruh peserta yang hadir di ajak sosialisai masalah kesehatan di aula kantor Desa Pejeng Kangin. Sosialisasi ini di buka langsung oleh kepala desa pejeng kangin I Gede Purnadi Yoga, S.Sos, turut hadir sebagai pemberi materi kesehatan ibu dr Ni Luh Toni dari UPT Puskesmas II Tampaksiring. Dalam kegiatan sosialisai kesehatan itu ibu dr toni menekankan pentingnya cuci tangan sebelum makan dengan baik dan benar serta jangan buang air besar sembarangan sebab bisa menularkan penyakit diare dan cacingan. Salah satu bidan dari puskesmas II tampaksiring memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan sabun, kemudian di wakili oleh 3 ibu PKK.

        Sesudah sosialisai kesehatan oleh puskesmas tampaksiring II, kemudian di lanjutkan sosialisasi BUMdes oleh bapak Inyoman Suarka, manager BUMdes kecamatan tampaksiring. Dalam sambutanya Suarka mengatakan tentang adanya dana di BUMdes kecamatan untuk kegiatan kelompok yang aktif. Di desa pejeng kangin bisa membentuk kelompok dengan jumlah kelompok 5 orang, kemudian akan di beri dana anggunan di sesuaikan jenis kegiatan yang di lakukan keleompok tersebut. Satu setengah jam berlalu dan kegiatan pelatihan makanan ringan pun di mulai, semua peserta mempersiapkan dulu alat dan bahan yang sudah di sediakan. Hadir sebagai instruktur Ibu Retnotrisusilowati dari BLK DISNAKER kabupaten Gianyar, beliau memberikan resep kepada ibu PKK yang telah di bagi menjadi 4 kelompok. Semua kelompok ini membuat makanan ringan yang sudah di tentukan menunya yaitu:

  1. AYAM TULANG LUNAK
  2. AYAM KREMES
  3. UDANG ASEM MANIS

Peserta pun dengan sangat antusias mengikuti dan bertanya kepada ibu instruktur. Ada pun harapan dari kepala desa pejeng kangin, dengan adanya kegiatan ini di harapkan ibu PKK bisa membuka peluang usaha dan memperdayakan masyarakat sekitar khususnya di desa pejeng kangin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan