Kegiatan Posyandu

Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah balita dan orangtuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta wanita usia subur. Sedangkan yang bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader.

Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyanduKegiatan Posyandu yang di lakukan di Banjar Dinas atau Dusun Tegalsaat 06-01-2018 bertujuan mengetahui tumbuh kembang balita dan ibu hamil serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.

kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut meliputi ;

  1. Penimbangan berat badan dan menentukan status pertumbuhan dengan melihat KMS
  2. Imunisasi dan deteksi dini tumbuh kembang oleh petugas kesehatan
  3. Menyediakan APE yang disesuaikan dengan umur balita
  4. Penyuluhan tentang gizi balita dan PMT.

serta memberikan penyuluhan tentang Pelayanan Keluarga berencana (KB) yang dilakukan di posyandu dan Pelayan KB ulangan berupa KB suntik Pil dan Kondom.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan