Program PAMSIMAS (Program Air Minum Berbasis Masyarakat)

Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, merupakan salah satu desa di Kabupaten Gianyar yang mendapatkan Program Pamsimas karena melihat topografi dari Desa Pejeng Kangin yang berada didataran tinggi dan masyarakatnya belum maksimal mendapatkan air minum dan tingkat diare tinggi, cakupan SAM rendah dan masih BABS, sehingga memerlukan kegiatan pembangunan baru SPAM.

Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya fasilitas air minum bersih di 8 Banjar yang ada di Desa Pejeng Kangin dengan jumlah rumah tangga berdasarkan tingkat kesejahteraan 1060 KK, lokasi banjar yang kekurangan aliran air bersih berada di 3 banjar yaitu Banjar Pengembungan, Pesalakan dan Cemadik. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah Air Minum : kapasitas debit air kurang maksimal,Sanitasi : kurang jamban, Prilaku Kesehatan : BABS dan masih membuang sampah sembarangan dan SDM, maka dari itu upaya masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan dengan penambahan debit dengan memperbaiki sistem perpipaan, sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan. PAMSIMAS secara khusus mendorong terbentuknya kelembagaan masyarakat yang dapat dijadaikan wadah partisipatif bagi masyarkat di tingkat desa yang dilandasi dengan nilai dan norma yang berlaku yang secara generik disebut dengan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), anggota KKM ini dipilih secara demokratis, partisipatif, transparan, akuntabel, bebasis nilai, kesetaraan gender dan keberpihakan kepada kelompok rentan, disabilitas dan miskin. Tugas dari KKM ini kurang lebih meliputi ;

  1. Memfasilitasi aspirasi dan prasarana masyarakat dalam perumusan kebutuhan dan usulan program penyediaan layanan air minum dan sanitasi.
  2. Mengkoordinasikan pengelolaan  program program – program yang diterima masyarakat, dan membentuk unit – unit Pelaksana (UP)/Satuan Pelaksana (Satlak).
  3. Mendorong berlangsungnya proses pembangunan partisipatif sejak tahap penilaian kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan dan pelatihan.
  4. Memonitor, mengawasi, dan memberikan masukan untuk berbagai kebijakan dan pelaksanaan program yang berkaitan kepentingan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dasar air minum dan sanitasi.
  5. Dll.

PAMSIMAS membantu masyarakat di 3 Dusun atau banjar ini yang membutuhkan air bersih dan sanitasi yang bersih dan sehat bagi kesehatan warga sekitar khususnya warga yang mendapat bantuan PAMSIMAS yang dikelola swadaya oleh masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan