Bulan Bahasa


Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali pertama kalinya akan diadakan pada Februari 2019 mendatang.

Hal ini sebagai salah satu implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Dalam Pergub tersebut diatur bahwa harus dilaksanakan Bulan Bahasa Bali pada Februari setiap tahunnya. Selain Bulan Bahasa Bali, sebelumnya juga sudah dilaksanakan penggunaan Bahasa Bali setiap hari Kamis, maupun penggunaan aksara Bali pada papan nama instansi.Pembukaan Bulan Bahasa Bali direncanakan tanggal 1 Februari 2018 dan akan ditandai dengan kegiatan Nyurat Aksara Bali secara massal.

Hal itu dilaporkan oleh Ketua Panitia Kegiatan Bulan Bahasa Bali 2019, Gede Nala Antara saat beraudiensi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster di ruang kerjanya, Jumat (18/1/2019).

Kegiatan-kegiatan lainnya yang akan digelar pada Bulan Bahasa Bali ini di antaranya seminar, lomba dan pemberian penghargaan.

Berdasarkan oleh Pergub Gubernur Bali maka setiap Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan atau Desa melaksanakan Bulan Bahasa Bali, di Desa Pejeng Kangin salah satu nya sudah melaksanakan Bulan Bahasa Bali dengan peserta dari masing – masing Desa Pakraman yang ada di Desa Pejeng Kangin. Lomba yang dilaksanakan antara lain Masatua (cerita dengan bahasa Bali), Nyurat Aksara Bali (menulis aksara Bali) dan Nguacen Aksara Bali (membaca aksara Bali).

dikutip dari : Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Bulan Bahasa Bali Digelar Pertama Kali Februari Mendatang, Ini yang Diinginkan Koster, https://bali.tribunnews.com/2019/01/18/bulan-bahasa-bali-digelar-pertama-kali-februari-mendatang-ini-yang-diinginkan-koster.
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan