PERLOMBAAN CERDAS CERMAT ANTAR SD PEJENG KANGIN

  • Mar 15, 2023
  • admin desa pejeng kangin

Pendidikan merupakan salah satu indikator utama pembangunan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya, pendidikan Sekolah Dasar (SD) sebagai pendidikan formal pertama yang dilalui oleh anak berperan sebagai pondasi untuk mencetak anak bangsa yang berkualitas. Salah satu program kerja KKN-PPM Universitas Udayana Periode XXVI Tahun 2023 Desa Pejeng Kangin, yaitu kegiatan belajar mengajar di SD 1, 2, dan 3 Pejeng Kangin, menjadi salah satu program yang mengedepannya tujuan tersebut. Sebagai bahan evaluasi dan hasil akhir dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, lomba cerdas cermat antar SD di Desa Pejeng Kangin dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Maret 2023, di SD 3 Pejeng Kangin. Masing-masing sekolah mengirimkan dua tim terbaiknya yang terdiri dari regu kelas 5 dan regu kelas 6. Total regu yang berkompetisi adalah sebanyak 6 regu dengan masing-masing regu berjumlah 3 siswa. Mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Materi tersebut ditentukan berdasarkan pada pelajaran yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN kepada para siswa.

 Lomba cerdas cermat ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Pejeng Kangin, yaitu Bapak Dewa Nyoman Putra dan diawali oleh sambutan Wakil Koordinator Desa, yaitu Hanggara Diatha, dan juga oleh Kepala Sekolah SD 3 Pejeng Kangin, yaitu Bapak Anak Agung Kartika. Perlombaan terdiri dari empat babak, yaitu babak penyisihan kelas 5, babak penyisihan kelas 6, babak perebutan juara 3, dan babak final perebutan juara 1 dan 2. Teknis perlombaan ini yaitu semua soal merupakan soal rebutan. Regu yang pertama kali mengangkat tangannya berhak untuk menjawab terlebih dahulu. Namun, apabila regu tersebut salah menjawab, maka akan dilempar kepada regu lainnya. Babak penyisihan terdiri dari 30 soal serta babak perebutan juara 3 dan babak final terdiri dari 45 soal.

Terlihat semangat dan antusias yang sangat tinggi dari para siswa yang berkompetisi saat berusaha menjawab pertanyaan dari juri. Para suporter dari masing-masing sekolah juga terlihat sangat bersemangat dalam memberikan dukungan kepada teman-temannya yang sedang berkompetisi dalam perlombaan cerdas cermat. Pada babak penyisihan kelas 5, skor tertinggi dimiliki oleh SD 1, lalu diikuti oleh SD 3 dan yang terakhir SD 2. Pada babak penyisihan kelas 6, skor tertinggi dimiliki oleh SD 2, lalu diikuti oleh SD 3, dan yang terakhir SD 1. Dari babak penyisihan tersebut, regu SD 3 kelas 5 dan regu SD 3 kelas 6 berhasil lanjut untuk babak perebutan juara 3. Selanjutnya regu SD 1 kelas 5 dan regu SD 2 kelas 6 berhasil masuk ke babak final.

Beranjak siang, perlombaan cerdas cermat ini semakin sengit. Para siswa berusaha untuk mengangkat tangan dengan cepat dan menjawab pertanyaan dengan sebaik mungkin. Hasil dari kompetisi yang ketat tersebut, ditemukanlah juara 3 yang jatuh kepada regu kelas 6 SD 3 Pejeng Kangin. Selanjutnya juara 2 jatuh kepada regu kelas 6 SD 2 Pejeng Kangin. Lalu, untuk juara 1 yang ditunggu-tunggu jatuh kepada regu kelas 5 SD 1 Pejeng Kangin. Para pemenang terlihat sangat bahagia dengan hasil yang telah didapatkannya. Hadiah yang didapat dari masing-masing juara yaitu piala, sertifikat, dan juga hadiah berupaa perlengkapan sekolah. Kemudian, para pemenang berfoto bersama dengan guru-guru dan panitia lainnya. 

Dalam lomba cerdas cermat dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Perlombaan ini bukan untuk membuktikan siapa yang lebih hebat, namun menjadi ruang untuk memotivasi para siswa agar belajar dengan lebih giat dan menjad ruang untuk antar SD saling bertemu dan membangun hubungan. Melalui perlombaan ini, diharapkan dapat menjadi tolak ukur dari proses distribusi wawasan dan ilmu pengetahuan yang telah dilakukan sebelumnya melalui program kegiatan belajar mengajar dari para siswa SD di Desa Pejeng Kangin.